MENGENAL APA ITU POWER QUALITY

Power Quality terdengar seperti sebuah istilah keren di dunia kelistrikan, dan kita sekarang ini telah hidup dengan bergantung yang namanya listrik. Nah buat Anda yang sedang mempelajari mengenai dunia kelistrikan maka kalian harus tahu mengenai power quality dan dalam ulasan ini kami akan mencoba mengulas mengenai apa itu power quality dengan lebih detail lagi. Di dalam ilmu kelistrikan kita yang awam yang sering di dengar adalah SUTET (Sambungan Udara Tegangan Tinggi), yang di mana SUTET ini adalah tiang listrik yang tinggi dan ukuran dari tiang ini cukup besar yang di mana mampu menahan kabel dengan ukuran yang besar juga.

Power quality terdiri dari voltase, frequensi, bentuk gelombang listrik, dan arus listrik. Lebih jauh lagi, power quality adalah sebuah kemampuan dari jaringan listrik yang memasok aliran listrik dalam menyediakan aliran daya (power)yang selalu tersedia sepanjang waktu (uninteruptible), berada dalam kondisi bebas gangguan (noise(s)) dan berbentuk gelombang sinusoidal murni. Namun, perlu di catat bahwa penyimpangan dari kondisi ideal ini sering terjadi di sebagian jaringan seiring naiknya jumlah beban. Penyimpangan ini sering mengakibatkan gangguan meningkat dengan cukup cepat dan merugikan. Buruknya power quality dapat mengakibatkan kerugian terutama bagi sektor usaha atau industri berupa biaya  tinggi dan gangguan terhadap peralatan canggih dan mahal yang dipergunakan oleh industri.

power quality

ilustrasi-power-quality

Gangguan/ Abnormalitas Power Quality

Ada banyak perilaku yang sering mengakibatkan gangguan pada power quality. Gangguan tersebut dapat memberikan kerugian besar dan timbulnya biaya maupun korban. Uraian berikut ini memberikan sebuah gambaran mengenai hal gangguan tersebut:

Transient Overvoltage (impulse) : kenaikan tegangan abnormal secara drastis dan signifikan.  Biasanya akibat sambaran petir atau kesalahan kontak listrik (contact-fault)

transient-pada-power-quality

 

 

 

Voltage Dip : penurunan (drop) tegangan jangka pendek akibat kenaikan arus pada starting-motor dll.

voltage-dip-pada-power-quality

 

 

 

Voltage Swell : kenaikan tegangan tiba-tiba dalam jangja waktu pendek akibat masuknya beban tenaga listrik tiba-tiba.

voltage-swell-on-power-quality

 

 

 

Interruption: hilangnya pasokan tenaga listrik dalam jangka waktu singkat maupun panjang.

interruption-pada-power-quality

 

 

 

Frequency Fluctuation : kenaikan atau penurunan frekuensi akibat daya yang tidak stabil.

fluktuasi-frequensi-pada-power-quality

 

 

 

Harmonic : sebuah abnormalitas dalam bentuk tegangan listrik (arus dan tegangan) akibat penggunaan peralatan semikonduktor (biasanya: inverter).

harmonic-pada-power-quality

 

 

 

Daya reaktif : di mana terdapat perbedaan antara daya yang tersedia untuk digunakan dengan daya yang tercatat digunakan oleh penyedia daya listrik.

daya-reaktif-pada-power-quality

 

 

 

Network unbalance : garis tegangan yang berbeda. Dan biasanya hal ini di sebabkan karena adanya beban tunggal (fase) yang signifikan berbeda, dengan fase-fase lain seperti pada sistem tiga fase.

unbalance

Kerugian Akibat Power Quality yang Terganggu

Konsekuensi dari penggunaan power quality yang buruk akan mengakibatkan pasokan kuantitas tenaga listrik yang buruk dan kualitas daya yang menurun. Berikut ini antara lain dampak negatif yang ditimbulkan gangguan power quality:

Sisi Produksi (internal)

  1. Kecepatan produksi berkurang atau bahkan hilang akibat gangguan daya listrik
  2. Peningkatan konsumsi energi listrik daripada yang dibutuhkan.
  3. Biaya untuk konsumsi listrik akibat peningkatan konsumsi yang tidak perlu.
  4. Penurunan kualitas peralatan diluar jadwal depresiasi yang seharusnya.
  5. Kerusakan peralatan akibat pasokan daya listrik yang tidak sesuai spesifikasi pabrikan yang telah ditentukan.
  6. Potential-loss akibat penghentian produksi yang tidak terjadwal.
  7. Penambahan biaya produksi akibat pegawai bagian produksiyang tidak bekerja saat terjadi kerusakan maupun biaya pegawai dalam melakukan perbaika.

Sisi Penjualan (eksternal)

  1. Penundaan pendapatan dari penjualan barang dan jasa yang seharusnya diberikan kepada pelanggan.
  2. Kehilangan kepercayaan dari pelanggan existing maupun calon pelanggan.
  3. Kehilangan pangsa pasar akibat kalah persaingan dengan perusahaan lain yang dapat memberikan penjualan yang diinginkan pelanggan.

Nah ulasan di atas, bisa anda analisa mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi power quality. dan jika memungkinkan maka Anda harus memilih untuk memiliki perangkat power quality analyzer yang dapat memberi anda informasi mengenai kualitas power quality ada. Hal tersebut tentunya akan membuat pekerjaan Anda bisa menjadi lebih lancar dan menguntungkan.

Selamat mencoba.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: